Resep Ote-Ote yang Praktis dan Lezat

resep ote-ote

The Picbear Artikel – Mau camilan praktis dan lezat, enaknya masak apa ya? Coba saja resep ote-ote, makanan ringan yang begitu populer di Jawa. Makanan yang termasuk gorengan ini mudah dibuat sehingga cocok dimasak di rumah.

Apa Itu Ote-Ote ?

Ote-ote merupakan gorengan yang bahan dasarnya dari tepung terigu, udang, dan beberapa sayuran seperti tauge, kol, dan wortel. Sekilas ote-ote ini mirip dengan bakwan udang atau sayur. Jika dilihat dari bahannya, resep ote-ote juga hampir mirip dengan jenis gorengan tersebut.

Darimana ote-ote berasal? Sebenarnya ote-ote ini bisa disebut nama lain dari bakwan yang biasa dikenal. Penyebutan ote-ote berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur seperti Surabaya, Gresik, Mojokerto, dan Malang. Dalam bahasa Malang, ote-ote ini artinya telanjang dada.

Ote-ote ini sangat cocok dihidangkan sebagai camilan renyah. Apalagi jika cuacanya mendung atau hujan, tentu rasanya enak menikmati ote-ote yang hangat tersebut. Terdapat beberapa jenis ote-ote yang terkenal, salah satunya ote-ote khas Malang.

Resep Praktis Masak Ote-Ote Renyah

Mau makan ote-ote tapi tidak menemukan penjualnya? Santai saja, kini Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah karena resep ote-ote renyah sangatlah mudah dan praktis. Simak, cara membuat ote-ote sebagai berikut.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Apa saja bahan-bahan membuat ote-ote? Bahan untuk membuat ote-ote tersebut mudah dicari, yakni 250 gram tepung terigu, 50 gram tepung beras, 50 gram udang kecil, 100 gram wortel, 100 gram kol, 50 gram tauge, 2 batang daun bawang, dan 3 batang daun seledri.

Tidak lupa bumbu dan bahan tambahan lainnya seperti 4 siung bawang putih halus, ¾ sdt lada bubuk, 1 sdt kaldu bubuk, 1 liter minyak goreng, garam, 1 sdm gula pasir, dan air matang. Untuk alatnya, yaitu penggorengan atau wajan, spatula beserta sutil, baskom, pisau, dan lainnya.

2. Membuat Adonan

Sebelum membuat adonan, pastikan sayuran dan udang sudah dicuci bersih. Untuk udangnya, bisa dikupas maupun tidak kulitnya tapi sebaiknya dibuang bagian kepalanya. Setelah itu, masukkan semua bahan dalam baskom atau ember kecil kemudian diaduk hingga rata.

3. Goreng Adonan

Berikutnya, panaskan minyak dalam wajan. Setelah minyak panas, ambil satu sendok atau satu centong adonan lalu masukkan ke wajan. Agar adonan tidak pecah atau terurai, bisa diletakkan di pinggir wajan terlebih dahulu.

Baru setelah agak matang sedikit diturunkan ke bawah menggunakan spatula. Resep ote-ote ini mudah bukan? Hanya saja, disarankan agar hati-hati saat menggoreng maupun membalik ote-ote.

4. Tiriskan ote-ote

Dalam menggoreng ote-ote tersebut, jangan lupa untuk membalik sisi ote-ote agar matangnya rata.  Jika sudah matang, tiriskan ote-ote pada sutil. Ciri-ciri ote-ote yang sudah matang, yaitu warnanya kuning kecoklatan.

Apabila Anda ingin mengurangi kadar minyaknya, bisa diletakkan di atas tisu. Baru kemudian disajikan di piring saat kondisinya hangat.

5. Lengkapi dengan cabe rawit atau saos

Agar lebih nikmat, penyajian ote-ote renyah tersebut bisa ditambahkan cabe rawit atau saos. Jika Anda tidak terlalu suka pedas, bisa dicampur saus dengan kecap sehingga lebih manis rasanya.

Sekian info mengenai resep ote-ote tersebut. Semoga dapat menjadi referensi buat Anda yang butuh resep camilan renyah dan praktis. Selain itu, akan lebih lengkap memakan ote-ote dengan minuman segar. Bagaimana, semakin tertarik untuk mencoba? Selamat recook! (*)

Baca: Resep Makanan Pedas Nusantara

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *